Jumat, 31 Maret 2017

PERKEMBANGAN HEWAN DAN TUMBUHAN

Untuk menjaga kelestariannya, hewan dan tumbuhan melakukan perkembangbiakan. Kemampuan berkembang biak hewan dan tumbuhan bermanfaat untuk meneruskan keturunan sehingga tidak punah. Hewan dan tumbuhan memiliki alat perkembangbiakan dan cara berkembang biak  berbeda-beda.

1. Perkembangbiakan hewan

  • Perkembangbiakan generatif, yaitu perkembangbiakan yang terjadi karena sel kelamin betina dibuahi oleh sel kelamin antan. Perkembangbiakan generatif dapat berupa perkembangbiakan Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar.
  1. Ovipar, merupakan cara berkembang biak hewan dengan cara bertelur. Pembuahan dapat terjadi di dalam atau di uar rahim induk betina. Contoh hewan yang tergolong dalam jenis ini adalah Angsa, Ayam, kura-kura, pinguin dan lainnya.
  2. Vivipar, merupakan cara berkembang biak hewan dengan cara beranak. Calon anak atau embrio akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim induk sang betina. lama waktu yang diperlukan sampai embrio keluar tergantung dari jenis hewan tersebut. Contoh hewan yang termasuk kedalam jenis ini adalah Sapi, Harimau, orang utan, paus, kucing dan lainnya.
  3. Ovovivipar, ini merupakan kombinasi dari vivipar dan ovipar sehingga hewan yang termasuk kedalam jenis ini akan bertelur dan melahirkan. Telur akan menetas didalam tubuh induk betina, anak yang baru menetas akan keluar dari tubuh induknya sehingga terlihat seperti melahirkan. Contoh hewan yang termasuk kedalam jenis ini adalah ikan hiu, beberapa jenis ular, kadal dan lainnya.                    
  •  Pekembangbiakan Vegetatif, yaitu perkembangbiakan yang terjadi tanpa adanya pertemuan sel kelamin jantan dan betina. Contoh perkembangbiakan vegetatif yaitu bertunas pada Hydra dan fragmentasi pada planaria.


2. Perkembangbiakan Tumbuhan


  • Perkembangbiakan generatif, yaitu pembuahan sel kelamin betina ( sel telur ) yang terdapat di dalam putik oleh sel kelamin jantan ( seperma ) yang berasal dari serbuk sari. contoh tumbhan yang termasuk kedalam jenis ini yaitu tumbuhan salak, kacang tanah, kembang sepatu, padi, jagung dan lainnya.
  • Perkembangbiakan vegetatif, yaitu perkembangbiakan secara aseksual (tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina ). perkembangan vegetatif dibagi menjadi 2 maca yaitu vegetatif alami dan buatan. vegetatif buatan adalah perkembangbiakan vegetatif yang dibantu oleh manusia seperti cangkok, stek batang, stek daun dan merunduk.

(Sumber : Buku Erlangga X-press/Bambang Sutejo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar