Sabtu, 01 April 2017

BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

Tubuh tumbuhan terdiri dari beberapa bagian, antara lain akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Setiap bagian tumbuhan memiliki fungsi yang menunjang dengan kelangsungan hidup tumbuhan.
Berikut ini bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya :
  1. Akar
Bagian ini berfungsi untuk menyerap air dan zat hara dari tanah. Bagian akar juga membantu tanaman berdiri kokoh. Selain itu, akar tanaman berfungsi juga sebagai alat pernafasan dan menyimpan cadangan makanan.
      2. Batang
Batang tananaman berfungis sebagai alat pengakut air dan zat makanan , menopang tubuh tumbuhan. Selain itu bagian ini juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan.
      3. Daun
Daun memiliki fungis yang tak kalah penting yaitu sebagai tempat untuk fotosintesis dan alat pernafasan tanaman.
       4. Bunga
Bagian ini berfungsi sebagai alat perkembang biakan pada tumbuhan. selain itu, pada tanaman tertentu bagian ini merupakan cikal bakat tumbuhnya buah.
       5. Buah
Pada tumbuhan tertentu, bagian ini sering dikonsumsi oleh manusia dan kita sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari mengkonsumsi buah. Namun sebenearnya buah memiliki fungsi yang penting bagi tumbuhan, yaitu sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan melindungi biji.
        6. Biji
bagian yang terlindungi oleh buah ini memiliki fungsi sebagai perkembangbiakan tumbuhan karena biji merupakan bakal tumbuhan baru.

Selain semua bagian tubuh tumbuhan diatas, ada bagian lain yang yaitu Jaringan. Ini adalah sekumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. berikut ini adalah macam-macam jaringan tumbuhan dan fungsinya.

  1. Xilem (pembuluh kayu), fungsinya mengangkut air dan zat hara dari tanah ke batang dan daun.
  2. Floem (pembuluh tapis), fungsinya mengangkut hasil foto sintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
  3. Epidermis, fungsinya melindungi jaringan lain yang ada dibawahnya
  4. Kabium, berperan dalam perbesaran diameter batang tumbuhan.

(sumber : Erlangga Xpress/ Bambang Sutejo)


1 komentar:

  1. Sangat tidak baik Karena saya Tanya Ada bagian tumbuhan lain tidak sebagai pelestarian

    BalasHapus